BAHAYA MEMBAKAR SAMPAH DI RUANG TERBUKA

 

sumber : https://waste4change.com/blog/wp-content/uploads/ILUSTRASI-BAKAR-SAMPAH-BERITATAGAR.ID_-580x387.jpeg

Halo teman-teman!

Selamat datang kembali di Blog-nya Wahyu!!

Salah satu hal yang kita lakukan saat melihat sampah begitu menumpuk mungin akan membakar sampah tersebut ya teman-teman. Tapi tau ngga sih, ternyata membakar sampah memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, loh!

Pembakaran tidak dapat dilakukan secara mandiri oleh perorangan. Hasil pembakaran sampah memiliki efek buruk apabila terhirup oleh manusia. Sampah-sampah lebih baik dibuang ke TPA untuk selanjutnya dilakukan pengolahan lebih lanjut. Salah satu pengolahannya yaitu dengan cara pembakaran. Pembakaran yang dilakukan oleh TPA, menggunakan alat khusus berupa MSW (Municipal Solid Waste) atau insenerator. Alat tersebut memiliki suplai oksigen yang cukup dan dibakar pada suhu tinggi sehingga pembakaran yang terjadi lebih sempurna.

Pembakaran sampah akan menghasilkan gas yang bersifat racun yaitu gas karbon monoksida. Karbon monoksida tidak memiliki bau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Meskipun tidak terlihat, apabila gas ini masuk ke dalam aliran darah, maka akan dengan cepat menggantikan oksigen untuk berikatan dengan hemoglobin. Apabila hal ini terjadi, tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Dalam konsentrasi yang banyak, karbon monoksida dapat menyebabkan kematian. Bahaya lain yang dapat menyerang manusia yaitu resiko terkena kanker atau penyekit jantung akibat partikel kecil yang masuk ke dalam paru-paru.

Pembakaran sampah, terutama sampah plastik  akan menghasilkan karbon monoksida, dioksin, dan klorin yang berpotensi tinggi menyebabkan kanker. Sedangkan pembakaran sampah basah dapat mengakibatkan partikel-partikel yang terbakar beterbangan dan menghasilkan reaksi hidrokarbon berbahaya.

Selain memberikan dampak bagi kesehatan manusia, pembakaran sampah juga memberikan dampak untuk lingkungan sekitar. Pembakaran sampah di udara terbuka dapat berdampak pada perubahan iklim baik secara lokal maupun global. Hal ini dikarenakan gas yang dihasilkan dari pembakaran sampah mengandung gas rumah kaca.

Pembakaran sampah di ruang terbuka memang tergolong cara cepat untuk memusnahkan sampah. Namun hasil pembakaran yang dihasilkan dapat berdampak jangka panjang. Maka dari itu, bijaklah dalam mengelola sampah.

Terima kasih.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Sumber :

Defitri, M. (2022). Pembakaran Sampah Menimbulkan Dampak Serius, Ini Solusinya. https://waste4change.com/blog/pembakaran-sampah-menimbulkan-dampak-serius-ini-solusinya/

BPBD. (2019). Stop Dudurukan! https://bpbd.bogorkab.go.id/stop-dudurukan/

https://waste4change.com/blog/wp-content/uploads/ILUSTRASI-BAKAR-SAMPAH-BERITATAGAR.ID_-580x387.jpeg 

Komentar